Alhamdulillah..

Selasa, 26 Maret 2013

Kebijakan Perairan Laut Indonesia



Kelautan Indonesia


Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa (Allah SWT) dengan sumber daya alam yang melimpah. Namun sayang, kekayaan yang dimiliki oleh negara ini tidak dipergunakan secara bijak, sehingga sering terjadi ketimpangan sosial yang dirasakan oleh sebagian masyarakat yang hidup diwilayah yang kaya. Hal ini seharusnya perlu diperhatikan oleh pemerintah dengan melakukan observasi pada masalah tersebut. Peran masyarakat itu sendiri pun juga sangat penting, seharusnya masyarakat yang tinggal di wilayah kaya ini, memiliki kesadaran dalam menjaga dan mengelola sumber daya alam yang mereka tempati.

Berbicara mengenai sumber daya alam, perairan Indonesia merupakan salah satu diantaranya. Perairan yang luas, dihiasi oleh trumbu karang dan biota laut yang mempesona itu menjadi nilai jual untuk keterkaitan bangsa asing berkunjung ke negara ini. Menyadari hal itu, kelautan merupakan aset bagi negara ini. Untuk itu, kelautan atau perairan di Indonesia ini perlu diperhatikan dan dijaga pengelolaannya agar tetap lestari.

Penjagaan perairan di Indonesia perlu dilakukan secara tegas sesuai dengan hukum yang berlaku. Dalam hal ini kebijakan pemerintah sangatlah berperan penting. Contohnya seperti pelarangan bagi negara-negara lain yang melintasi Indonesia mengambil kekayaan laut yang dimiliki Indonesia, baik dalam jumlah yang besara maupun jumlah yang kecil. Apabila terjadi demikian, maka hal itu melanggar UU dan pelaku harus diberikan sanksi yang tegas. TidakPengembangan suatu kawasan perairan untuk menjadi daerah penangkapan ikan dibutuhkan berbagai informasi sebagaimana telah dibahas sebelumnya. Pembukaan daerah penangkapan ikan tidak saja diperuntukkan untuk dimanfaatkan sebanyak-banyak tetapi aspek keberlanjutannya juga perlu diperhatikan sehingga memberikan dampak positif dari segi ekonomi.
hanya pemerintah, masyarakat pun seharusnya memeberikan perhatian khusus kepada perairan Indonesia, menyadari akan potensi kekayaan laut yang Indonesia miliki. Apabila masyarakat tidak berkontribusi dalam penjagaan dan pemberdayaan kekayaa laut, maka sebesar apapun potensi sumber daya yang terkandung dalam suatu perairan tetapi tidak diatur atau tidak ada regulasi dalam bidang pemanfaatan sumber daya yang terkandung didalamnya, maka akan menyebabkan degradasi terhadap potensi terhadap sumber daya. Hal ini menyebabkan pula berpengaruh terhadap pelaku pelaku penangkapan sumber daya, salah satunya pelaku sumber daya ikan (nelayan tangkap).

Inti dari tulisan ini adalah agar kita semua menyadari akan potensi perairan Indonesia dengan kekayaan lautnya yang mempesona. Dan juga bermaksud untuk turut serta dalam penjagaan perairan di Indonesia. Jangan meremehkan hal keciil, karena segala sesuatu yang kecil lambat laun pabila terkumpul akan berdampak besar. Contohnya mulai dari memberlakukan sanksi yang tegas terhadap pelarangan melintas perairan Indonesia dan mengambil kekayaan lautnya sampai beruntun dari penyebab satu ke penyebab lainnya. Dan terakhir sampai berdampak pada segi ekonomi.

Terimakasih telah membaca dan berkunjung ke blog ini, besar harapan semoga artikel ini bermanfaat J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar