Alhamdulillah..

Selasa, 19 Maret 2013

Kepulauan Indonesia


Indahnya negaraku.. tempat dimana aku dilahirkan dan dibesarkan dibumi pertiwi ini. Negara yang terbentang luas dari sabang sampai merauke, tersusun dengan gugusan pulau - pulau dari mulai yang terbesar sampai pulau - pulau yang terkecil, dikelilingi luas samudera biru yang memiliki kekayaan biota laut dan trumbu karang nan indah. Belum lagi dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah tumbuh di daratan negaraku ini. Itulah.. INDONESIA!

Indonesia adalah negara yang tersusun dari pulau - pulau yang terbentang luas, baik pulau - pulau besar maupun kecil. Namun sayang, ada banyak pulau - pulau kecil yang diasingkan dari negara ini, dan banyak pula yang tak berpenghuni. Hal demikian dapat mengundang sengketa perebutan hak milik atas pulau dengan negara lain. Maka dari itu, pulau - pulau yang ada di Indonesia haruslah diperhatikan oleh kita semua selaku manusia berakal yang mendiami negara ini, selain itu peran pemerintah sangatlah penting dalam memperhatikan pulau - pulau tersebut.

Ada banyak pulau di negara ini. Menurut Data Departemen Dalam Negeri berdasarkan laporan Gurbenur dan Bupati/Walikota, pada tahun 2004 menyatakan bahwa 7.870 pulau yang bernama, sedangkan 9.634 pulau tak bernama.
Disini Saya akan menyebutkan beberapa pulau - pulau kecil di Indonesia disertai dengan keterangannya


1. Pulau simeulue
Pulau Simeulue atau Simalur merupakan pulau yang berada di barat Sumatera. Berada kurang lebih 150 km dari lepas pantai barat Aceh, juga merupakan pulau pemerintahan Kabupaten Simeulue di tengah Samudra Hindia. Posisi geografisnya terisolasi dari daratan utama, hiruk-pikuk konflik di Aceh daratan tidak pernah berimbas di kawasan ini, bahkan tidak ada pergerakan GAM di kawasan kepulauan ini.

2. Pulau Nias
Nias (bahasa Nias Tano Niha) adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera, Indonesia. Pulau ini dihuni oleh mayoritas suku Nias (Ono Niha) yang masih memiliki budaya megalitik. Daerah ini merupakan obyek wisata penting seperti selancar (surfing), rumah tradisional, penyelaman, lompat batu. Pulau ini dengan luas wilayah 5.625 km² ini berpenduduk 700.000 jiwa.

3. Kepulauan Mentawai
Kepulauan Mentawai adalah gugusan pulau-pulau yang secara geografis terletak di Samudera Hindia dan secara administratif masuk ke dalam provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kepulauan Mentawai berada di sisi barat provinsi Sumatera barat. Penduduk asli Mentawai mempunyai kebudayaan yang berbeda dengan penduduk Minangkabau karena tepisah oleh laut.

4. Pulau Bintan
Pulau Bintan adalah pulau di provinsi Kepulauan Riau, di mana terdapat Kota Tanjung Pinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Riau.di Pulau ini memiliki dua Pemerintahan, Pemerintah Kota Tanjungpinang yang terletak di Senggarang dan Tanjungpinang, sedang Pemerintah kabupaten bintan terletak di Bandar Seri Bintan . Pulau ini berdekatan dengan negara Singapura. Bintan adalah pulau terbesar di Kepulauan Riau, yang terdiri dari hampir 3.000 pulau besar dan kecil, terbentang di sebrang Singapura dan Johor Baru, Malaysia. Pulau ini melebar dari Malaka ke Laut Cina Selatan. Tanjung Pinang merupakan ibu kota provinsi ini, terletak di pantai barat selatan Bintan. Secara strategis terletak di semenanjung selatan Malaysia di mulut Selat Malaka, kepulauan Riau, dahulu pada abad pertama masehi, merupakan tempat favorit bagi kapal dagang India dan Cina.

5. Pulau Bawean
Bawean adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Jawa, sekitar 80 Mil atau 120 kilometer sebelah utara Gresik. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Belanda (VOC) masuk pertama kali ke Pulau ini pada tahun 1789.[1] Sebelum tahun 1974 Pulau Bawean masuk dalam wilayah Kabupaten Surabaya sebelum di bentuknya Kabupaten Gresik namun sejak tahun 1974 pulau Bawean di masukkan kedalam wilayah Kabupaten Gresik karena memang letaknya lebih dekat dengan Kabupaten Gresik. Bawean memiliki 2 kecamatan yaitu Sangkapura dan Tambak. Jumlah penduduknya sekitar 70.000

6 .Pulau Wetar

Pulau Wetar adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Banda dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau Wetar ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya[1], provinsi Maluku. Pulau ini berada di sebelah utara dari negara Timor Leste dengan koordinat 7° 56′ 50″ LS, 126° 28′ 10″ BT.

 7. Pulau Buru


Pulau Buru merupakan salah satu pulau besar di Kepulauan Maluku. Dengan luas 8.473,2 km², dan panjang garis pantai 427,2 km, Pulau Buru menempati urutan ketiga setelah Pulau Halmahera di Maluku Utara dan dan Pulau Seram di Maluku Tengah. Secara umum Pulau Buru berupa perbukitan dan pegunungan. Puncak tertinggi mencapai 2.736 m.

8. Kepulauan Alor


Alor adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayahnya 2.119 km², dan titik tertingginya 1.839 m. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda di sebelah utara, Selat Ombai di selatan (memisahkan dengan Pulau Timor), serta Selat Pantar di barat (memisahkan dengan Pulau Pantar. Pulau Alor adalah satu dari 92 pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan. Pulau Alor merupakan salah satu dari dua pulau utama di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Di pulau ini terdapat Kota Kalabahi, ibukota Kabupaten Alor.
Letak dan Luas
(1) Pulau Alor terletak pada posisi 08o 13’50” LU – 125o 07’55” BT dengan batas-batas :
   * Sebelah Utara : Laut Flores
   * Sebelah Timur : Maluku Tenggara Barat
   * Sebelah Barat : Selat Lomblen Kecamatan Lembata
   * Sebelah Selatan : Selat Ombay dan Timor Leste

Demikianlah beberapa pulau-pulau kecil yang ada di Indonesia. diluar dari ini, masih banyak ratusan ribu pulau - pulau indah di negara ini.
Cintai Negerimu.. Semoga bermanfaat! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar