Alhamdulillah..

Minggu, 25 Agustus 2013

Ketika Air Mata Bercerita Tentang Suatu Beasiswa Indah dari Sang Pencipta

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Introduce Myself…

Nama saya “Puti Rahmadhani Ambun Suri” biasa dipanggil akrab oleh keluarga dan sanak saudara dengan panggilan “Puti”. Saya lahir di Jakarta, 25 Februari 1994 dan merupakan anak pertama dari 3 bersaudara. Menjadi anak pertama dalam keluarga merupakan tantangan tersendiri bagi saya dalam meneruskan perjuangan orang tua saya dan juga pendidik bagi adik-adik saya, maka dari itu saya selalu berupaya menjadikan hari-hari saya bermanfaat dan lebih baik tentunya untuk masa depan saya kelak.

Tidak ada yang spesial di diri saya, Saya ini hanyalah wanita biasa yang tidak cukup puas dengan satu pengalaman, Ingin mencari, menambah, dan berbagi pengalaman apapun yang saya inginkan dan saya geluti tentang apa saja yang saya butuhkan dan kepada siapa saja yang membutuhkan. Dan dari pengalaman-pengalaman tersebut, pengalaman organisasilah yang menjadi Top of the Top dalam minat saya. Karena menurut saya pengalaman organisasi inilah yang akan membentuk ataupun membangun sebuah karakter pribadi, kerja tim, serta kepemimpinan dalam diri saya.


Hal yang Menyenangkan

Sejak duduk dari bangku sekolah dasar sampai saat ini, saya suka sekali dengan segala macam perkumpulan baik yang bersifat akademis maupun non akademis. Di sekolah saya aktif di kegiatan OSIS, Rohis, English Club, dan Pramuka. Di lingkungan sekitar rumah, saya aktif di Majelis Ta’lim, Karang Taruna, Sanggar, dan Yayasan. Karena bagi saya berkumpul dan bersama-sama menimba suatu ilmu dan berbagi dengan orang lain adalah hal yang sangat menyenangkan. Jadi, Kapanpun saya dicari untuk dibutuhkan, sangat jarang sekali ditemukan saya berada didalam rumah selain untuk mandi dipagi hari serta tidur dimalam hari, bak seekor siput yang selalu membawa rumahnya kemanapun dia pergi, itulah penggambaran yang sering diucapkan orang tua saya.

Pencarian Indah, Bahagia, dan Penuh Syukur

Beralih ke masa sekarang, sejak saya duduk di bangku perkuliahan di Universitas Gunadarma saya ingin sekali menyibukkan diri saya dengan hari-hari yang produktif dan bermanfaat. Oleh karena itu saya selalu mencari info-info up to date mengenai kegiatan-kegiatan diluar perkuliahan. Saya ikuti segala macam seminar-seminar dari beberapa UKM, BEM, dan BSO. Sampai suatu ketika saya mengikuti seminar yang diselenggarakan oleh SHARIA ECONOMIC FORUM yang bertemakan Character Building. Awalnya, sama seperti mahasiswa yang lain saya mengikuti seminar tidak sepenuhnya ingin tahu materi dalam seminar tersebut melainkan juga untuk mengumpulkan sertifikat-sertifikat yang didapat dari mengikuti kegiatan seminar yang berdampak pada penambahan nilai di mata kuliah SoftSkills. Namun tujuan saya saat mengikuti seminar ini mendadak berubah. Karena saya merasakan perbedaan diseminar ini. Saya terkesima oleh pelayanan dan keramahan panitia seminar tersebut. Tidak hanya itu, isi dari seminarnya pun sangat bermanfaat bagi saya karena merupakan ilmu yang baru saja saya ketahui dan materinya pun dikemas dengan bahasan yang ringan oleh pembicara yang hebat dan berkompeten dibidangnya. Seolah-olah ingin tahu lebih banyak mengenai SDM di perkumpulan tersebut, sepulang dari seminar tersebut saya langsung mencari info di dunia maya mengenai Blog dan Facebook SEF. Dari pencarian tersebut, saya dapatkan info-info yang lebih menarik didalamnya. Dan saya rasa untuk pertama kalinya, saya merasakan jatuh cinta yang sesungguhnya pada pandangan pertama yaitu Saya mencintai orang-orang yang menjadi bagian di Sharia Economic Forum.

Sejak saya bergabung di situs-situs SHARIA ECONOMIC FORUM saya mulai mengikuti kegiatan SEF selanjutnya, kegiatan yang saya ikuti selanjutnya adalah Aktualisasi Syariah yang saat itu bertemakan “Think Dinnar”. Ternyata, pada hari tersebut merupakan agenda terakhir Aksyar yang sudah dilaksanakan dari bulan-bulan sebelumnya. Menghadiri acara ini hanya berdua dengan teman saya, tidak sama sekali membuat diri saya merasa asing dengan kondisi dan situasi dimana orang-orang di kanan kiri saya sudah saling kenal dan bertegur sapa. Saya hanya fokus pada materi yang disampaikan yang mana materi tersebut lagi-lagi baru saja saya ketahui. Seusai seminar saya mendapatkan informasi baru dari bagian registrasi ternyata yang menyampaikan materi tersebut bukan dari pembicara pada acara-acara seminar biasa melainkan pembicara-pembicaranya adalah anggota dari SEF itu sendiri. Waw.. Saya rasa kecintaan saya bukan lagi sekedar ingin tahu siapa saja SDM SDM di SEF melainkan saya pun ingin sekali menjadi bagian diantara mereka. Dari pemberitahuan informasi dari pihak registrasi mengenai pemateri Aksyar, ternyata di SEF tidak hanya pandai membuat event namun juga berusaha memperkaya keilmuan SDM SDM di SEF itu sendiri mengenai ekonomi syariah dan pengetahuan umum, keberanian untuk tampil didepan masa, dan pelatihan kelancaran Public Speaking setiap anggotanya.

Setelah acara Aktualisasi Syariah yang terakhir, acara SEF selanjutnya adalah Kuliah Informal Ekonomi Syariah (KIES) dan diakhiri oleh kegiatan seminar pada 2 sesi yang berbeda. Saya mengikuti Kuliah Informal Ekonomi Syariah selama kurang lebih 1 minggu dan mengikuti seminar sesi 2 dipenutupan KIES yaitu seminar yang bertemakan “Langkah Emas Pengusaha Muslim”. Di KIES saya mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh dalam menyimak materi yang disampaikan dan mengulang kembali materi tersebut dirumah. Alhasil, dari keseriusan yang saya tekuni saya mendapatkan penghargaan di penghujung pembacaan hasil test KIES yaitu “The Best Akhwat Kuliah Informal Ekonomi Syariah 2012”. Alhamdulillah.. atas penghargaan tersebut, semakin bertambah tebal kecintaan saya pada SEF ini dan menjadikan diri saya bertekad untuk benar-benar bisa menjadi bagian didalamnya.

Setelah KIES, saya mengikuit brieffing Diklat Ekonomi Islam. Yang mana acara DEI ini merupakan pintu gerbang usaha saya untuk dapat memperoleh kunci gerbang SEF dan menjadi penghuni sah didalamnya. Setelah mendapatkan informasi dari brieffing tersebut saya mempersiapkan dengan lengkap syarat-syarat guna diterima di SEF dengan matang dan sungguh-sungguh. Saya mengikuti seleksi Curriculum Vitae dan tes wawancara dengan penuh percaya diri. Dan terakhir setelah mengikuti tes-tes tersebut kabar baikpun datang dan saya pun lolos ke tahap Diklat Ekonomi Islam dan di DEI saya telah disahkan menjadi anggota Sharia Economic Forum 2012-2013.

Makna Kebahagiaan yang Mendalam

Setelah menempuh perjalanan di SEF selama 1 tahun sampai saat ini, saya merasakan betapa bahagianya saya diterima dengan baik oleh SEF. Bahagia yang saya rasakan bukan sekedar bahagia yang lewat sementara begitu saja. Tapi bagi saya bahagia ini setara dengan kebahagiaan saya yang telah dilahirkan sebagai buah kasih Ibunda dan Ayahanda saya sebagai seorang Muslim. Muslim yang In Syaa Allah mencintai dan membenci karena Allah dan selalu bangga akan agama Islam yang dianutnya.  Alhamdulillah.. itulah sekilas gambaran akan kecintaan saya terhadap SEF. Tidak hanya itu, di SEF bagi saya bukan hanya forum biasa tetapi juga keluarga kedua saya, dimana di SEF ini menyadarkan saya tentang semua mimpi saya yang tersusun secara rapih dengan digantikan oleh satu mimpi yang menyingkirkan mimpi-mimpi saya yang lain serta menjadikan mimpi itu sebagai visi di hidup saya dan visi inipun sama dengan visi SEF yaitu “SURGA”. Dari visi tersebutpun membuat saya selalu merasa bersemangat dalam kebahagiaan apabila hari-hari saya selalu diwarnai dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang Full Manfaat di SEF baik itu internal maupun eksternal. Dari penggambaran kebahagiaan yang saya ceritakan, saya rasa itu semua tidak cukup untuk mengungkapkan yang sesungguhnya. Masih terdapat banyak sekali cerita indah dalam hati saya yang sulit sekali untuk saya ungkapkan. Hanya Allah Aza Wa Jalla yang benar-benar tahu pércis apa yang saya rasakan.

Loyalitas dan Totalitas ? Everlasting & Never Died..

Selama 1 tahun di SEF saya menjadi Anggota, saya sudah dipercayakan dan diamanahkan memegang tanggung jawab pada event-event  SEF yaitu sebagai 2x Koordinator Sie, 2x Sekretaris, dan 1x Anggota Sie. Diantaranya yaitu: Sekretaris Seminar Kalimalang, Anggota Sie. Acara Gunadarma Sharia Economic Event (GSENT), Koordinator Registrasi Diseminasi Seminar International Youth Leadership Conference (IYLC),  Koordinator Sie. Konsumsi Kuliah Informal Ekonomi Syariah (KIES), dan Sekretaris Diklat Ekonomi Islam.

Perkembangan dan Tekad Diri

Dalam pengalaman saya memenuhi tanggung jawab pada event-event di SEF, saya merasakan perkembangan dalam diri saya yaitu pada pengorganisasian, birokrasi, dan kerja tim. Atas perkembangan yang saya rasakan di SEF dan dengan rasa cinta saya terhadap SEF membuat saya selalu bersemangat siap mengabdi (loyalitas) dan pengorbanan (totalitas) baik waktu maupun tenaga demi bertambah majunya forum ini. Meneruskan perjuangan kakanda-kakanda SEF yang sebelumnya. Dan di tahun kedua saya berada di SEF, Alhamdulillah saya diamanahkan menjadi Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Sharia Economic Forum 2013-2014.

Kebersamaan Dunia dan Akhirat

Itulah perjalanan saya di Sharia Economic Forum selama 1 tahun ini, rasa cinta selalu saya rasakan bila berada di forum ini, dan rasa rindu selalu menusuk kalbu pun selalu saya rasakan bila hari-hari saya berjauhan dengan saudara-saudara/i saya di forum ini. Tidak ada lagi kalimat yang indah untuk penggambaran perkumpulan ini selain kalimat yang sama-sama kami genggam yaitu…
“Sampai Jumpa di Telaga Rasulullah” serta berkumpul kembali dalam visi mencapai  “SURGA”

 Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar