Alhamdulillah..

Kamis, 15 Mei 2014

Tugas Bahasa Indonesia III_Gaya Bahasa pada Iklan



 Dewasa ini banyak sekali tawaran berbagai macam produk kepada masyarakat. Kita sebagai konsumen dibuat bingung dan tertarik dengan berbagai macam jenis produk tersebut. Dalam hal ini, perusahaan/produsen berlomba memperkenalkan produk mereka di berbagai media untuk berpromosi. 

Untuk memperkenalkan produk tersebut, gaya bahasa menjadi andalan utama yang harus diperhatikan produsen karena memiliki efek yang sangat kuat untuk mempengaruhi dan membangun kesadaran para konsumen untuk membuat keputusan membeli produk tersebut.

Gaya Bahasa pada Iklan “Kecap Bango”
Kecap Bango menggunakan slogan “Benar-Benar Kecap”. Slogan ini jelas menekankan bahwa produk mereka memiliki kualitas terbaik. Seolah menekankan kepada masyarakat bahwa produk mereka adalah produk yang asli dan terjamin mutu serta cita rasanya. Jadi, slogan ini bermakna bahwa hanya kecap bango-lah yang merupakan kecap terbaik dan terbukti keasliannya. Penggunaan slogan ini tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumenn karena mempercayai slogan dari produk tersebut.

Bila ditinjau dari segi makna, maka, kita dapatkan bahwa Kecap Bango adalah kecap terbaik yang terjamin keasliannya untuk memberikan cita rasa manis pada masakan. Hal ini didukung pula dari komposisi Kecap Bango dengan pernyataan pada iklan produk tersebut “Ini Malika, biji kecap terbaik yang dibesarkan dan dihasilkan dari kebun sendiri”. Dengan dukungan pernyataan tersebut maka kecap bango memang benar-benar kecap yang diracik dengan komposisi bahan baku berkualitas dan diproses secara alami.


(Puti Rahmadhani Ambun Suri/15211618/3EA07/Tugas III)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar