Alhamdulillah..

Jumat, 30 Mei 2014

Komunitas Online



Definisi komunitas online:
Menurut Ferguson et al., 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan onlinr, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.


Rheingold, dalam The Virtual Community: Homesteading on the Electronic Frontier (1993, p. 5) menawarkan de3finisiu sebagai berikut:
Yaitu agregat social yang berbaur menggunakan media bantun internet, dimana sekumpulan orang melakukan diskusi public yang cukup panjang, dengan perasaan manusiawi yang wajar, dan membentuk suatu hubungan jejring hubungan personal didunia maya. Definisi ini menitik beratkan pada agregasi social antar anggotanya, jaringan komunikasi, diskusi pada jangka waktu yang cukup lama, perasaan dan hubungan.
           
Kozinet (2000) membedakan komunitas virtual sebagai 5 aspek pembedanya sebagai dasar pembedanya, yaitu:
  1. Boards. Berfungsi sebagai papan bulletin elektronik (usenet atau newsgroup)
  2. Rings. Yaitu sebuah web yang berfungsi sebagai aggregator web page yang lain yang disusun secara tematik.
  3. Lists. Yaitu senai surat elektronik yang disatukan pada topic atau minat tertentu.
  4. Dungeons. Yaitu sebuah lokasi virtual bertema, dimana dimana interaksi distrukturisasi dengan peraturan tertentu. Misalnya multu user platform seperti yang terdapat pada permainan-permainan RPG (Role Playing Game), misalnya Final Fantasy, Counter Strike, dan lain-lain
  5. Chat rooms. Yaitu lokasi virtual yang tidak bertema, kurang terorganisir, topiknya bias bermacam-macam.

Berikut adaloah panduan bagaimana membuat komunitas online:
  1. Sebagai motivasi untuk berbagai informasi, percayalah dengan input dari member. Buat suasana yang nyaman dimana user bias bebas mencurahkan pemikirannya ke anggota lain.
  2. Buat agar komunitas mampu berubah sesuai dengan peruahan proses dan konsep yang mungkin berlaku ditengah jalan  sebagai motivasi untuk berbagai informasi
  3. Untuk membangun reputasi, dan perasaan bagian dari komunitas adalah dengan membuat system yang memungkinkan anggotanya untuk dikenali dan diberikan penghargaan sesuai kontribusinya.

Macam-Macam Komunitas Online
Macam-macam komunitas online itu seperti membuat situs jejaring sosial, dan forum. Banyak perusahaan E-Commerce yang telah sukses dan mendapatkan keuntungan yang sangat besar karena membangun komunitas online, seperti Facebook, Twitter, Kaskus, dll.
Komunitas online di Indonesia sangat beragam , mulai dari profesional , penggemar kuliner, sampai para pekerja IT. Pekerja IT memang wajar jika memiliki dunia online sebab dunia internet merupakan dunia yang akrab bagi mereka.
Di Indonesia, ternyata banmyak juga komunitas oline yang bidangnya sangat jauh dari dunia teknologi informasi dan komunikasi, misalnya dunia kewirausahaan, penulisan, pembelajaran,dan sebagainya.

Peranan Komunitas Online dalam Masyarakat.
Komunitas online juga dapat membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan kegiatan positif yang nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat. Beberapa contoh aksi sosial yang dilakukan komunitas online: Aksi berinternet sehat dan belajar ngeblog oleh BandungBlogVaganza, Aksi Gerakan Berbagi dan kampanye keselamatan berkendara oleh DBLOGGER, aksi mengumpulkan buku untuk disumbangkan oleh DOT’S.

Sosial media yang digunakan oleh komunitas online dapat menjadi kekuatan yang dahsyat melawan ketidakadilan,penyimpangan,dan kesewenang-wenangan hukum dan juga pemerintah yang berkuasa. Baru-baru ini kita melihat betapa dahsyatnya sosial media membentuk kekuatan massa, yang bisa menjatuhkan pemerintah yang berkuasa,seperti yang terjadi di Tunisia dan Mesir. Di Indonesia sendiri kekuatan aksi komunitas online sudah terbukti bisa melawan ketidakadilan dalam hukum,seperti yang terjadi pada Gerakan Koin Prita dan Gerakan dukung Bibit-Chandra.

Manfaat komunitas online.
Komunitas online bisa jadi solusi paling handal yang sangat menolong jika diikuti. Banyak orang merasakan manfaat dari komunitas online di Indonesia.
Solusi forum komunitas online adalah hal yang saya anjurkan karena selain bisa menjalin silaturahmi kita juga bisa saling share dan tentunya saling menolong ketika menemukan masalah ketika online. Di Indonesia banyak orang memiliki website dan blog namun karena tidak mengikuti sebuah forum atau komunitas, website dan blog mereka jadi asal-asalan.
Melalui komunitas online lah kita bisa saling tukar ilmu untuk kebaikan semua. Website dan blog kita bagus di Indonesia dan bagus di mata dunia.

Solusi online ini haruslah anda ikuti karena dapat membantu anda dalam jika anda memiliki masalah. Ingat, masalah itu tidak akan selesai jika hanya anda diamkan. Oleh karena itu solusi paling tepat ya ikutilah satu forum atau komunitas yang bisa membantu anda ketika sedang online, khususnya orang Indonesia.
Komunitas online itu bisa anda dapatkan dan anda cari dengan mudah kali ini, coba saja anda lihat kembali komunitas online yang ada di Indonesia seperti solusiforum.com
Sudahkah anda tertarik dengan solusiforum.com? jika anda masih ragu, cepatlah ubah keraguan anda dengan kepercayaan yang pasti karena di solusiforum.com anda dapat saling share dan kami bisa saja saling membantu. Solusi untuk mengikuti komunitas atau suatu forum adalah yang paling tepat.

Topik     : Seputar Komunitas Online
Tujuan  : Memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai lomunitas online secara detail yang
                  mencakup panduan, macam-macam, peranan, dan manfaat.

Artikel di atas berdasarkan paragraph:
-          Paragraph 1        : Deskripsi & Argumentasi
-          Paragraph 2        : Deskripsi & Argumentasi
-          Paragraph 3        : Eksposisi & Argumentasi
-          Paragraph 4        : Eksposisi
-          Paragraph 5        : Argumentasi
-          Paragraph 6        : Deskripsi
-          Paragraph 7        : Deskripsi
-          Paragraph 8        : Argumentasi
-          Paragraph 9        : Argumentasi & Persuasi
-          Paragraph 10      : Persuasi

Hubungan Koordinatif
1.       Sekumpulan orang melakukan diskusi public yang cukup panjang, dengan perasaan manusiawi yang wajar, dan membentuk suatu hubungan jejring hubungan personal didunia maya. (S1+P1)
2.       Di Indonesia, ternyata banmyak juga komunitas oline yang bidangnya sangat jauh dari dunia teknologi informasi dan komunikasi, misalnya dunia kewirausahaan, penulisan, pembelajaran,dan sebagainya. (S1+P1)
3.       Baru-baru ini kita melihat betapa dahsyatnya sosial media membentuk kekuatan massa, yang bisa menjatuhkan pemerintah yang berkuasa,seperti yang terjadi di Tunisia dan Mesir. (S1+P1)

Hubungan Subordinatif
4.  Komunitas online di Indonesia sangat beragam , mulai dari profesional , penggemar kuliner, sampai para pekerja IT. Pekerja IT memang wajar jika memiliki dunia online sebab dunia internet merupakan dunia yang akrab bagi mereka. (S1+P1+Konjungsi+S2+P2)
Hubungan Korelatif
5.       Solusi forum komunitas online adalah hal yang saya anjurkan karena selain bisa menjalin silaturahmi kita juga bisa saling share dan tentunya saling menolong ketika menemukan masalah ketika online. (S1+P1+(to/pel)+(ket).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar