Alhamdulillah..

Sabtu, 26 Oktober 2013

Mencari Kata Diksi Pada Sebuah Artikel



P
engertian /Definisi Pemasaran - Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar. Kotler (2001) mengemukakan definisi pemasaran berarti bekerja dengan pasar sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Sehingga dapat dikatakan bahwa keberhasilan pemasaran merupakan kunci kesuksesan dari suatu perusahaan. 

Menurut Stanton (2001), definisi pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. 

Dari definisi tersebut di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian, maka segala aktivitas perusahaan, harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.

BERDASARKAN LEKSIKAL

SINONIM             : Kegiatan – Aktivitas, Pokok – Utama, Upaya – Usaha, Konsumen – Pembeli, Definisi
                                – Arti, Sasaran – Tujuan, system – Rancangan, Proses – Mekanisme, laba –
                                Keuntungan/Profit.
ANTONIM           : Salah – Benar, Hidup – Mati, Konsumen – Produsen, Baik – Jahat, Pembeli –
                                Penjual, Laba – Rugi
HOMONIM         : Laba – Laba-Laba, Dalam - Dalam
                               Ket : Laba = Keuntungan, Laba-laba = Nama Binatang
                                       Dalam = Merujuk arti, Dalam = Luas
HOMOGRAF       : Pada – Ada,
                               Ket : Kata Sambung Untuk Tempat
HIPERNIM           : Barang – Mobil, Jasa – Ketik, Pasar – sayur mayur, Harga – Satu Juta Rupiah.
HIPONIM             : Satu – Angka, Pasar – Tempat, Baik – Sifat, Penuh – Takaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar