Alhamdulillah..

Sabtu, 17 Desember 2011

Pengertian Habaib

Siapa sih Habaib atau Habib itu?? coba aku share yaa ^_^


Habaib atau syarif dahulu kala disebut dengan panggilan Suna, yang dijuluki untuk Wali Songo khususnya di negeri Indonesia kita ini. Habaib adalah cucu keturunan Nabi Muhammad SAW yang bernama Sayyidatina Fatimah. Sebagaimana terterea didalam sabda Nabi Muhammad SAW.



"Semua Nasab itu dari laki-laki, kecuali nasab ku dari Fatimah putriku"



lalu dari hasil pernikahan Sayyidatina Fatimah dengan Sayyidina Ali ra, lahirlah dua orang putera yang bernama Sayyidina Hasan dan Sayyidina Husein, dan dari keduanya memiliki keturunan sampai hari kiamat. Dari garis keturunannya yaitu Tuan Syeikh Abdul Qadir Al-Jaelani serta dari garis keturunan Sayyidina Husein seperti dintaranya disebut dengan Assegaf, Al haddad, Al Idrus, Al Atthos, Syekh Abu Bakar dan masih banyak lagi yang lainnya, mereka semua itu disebut dengan Habaib.



Habaib adalah penerus mutlak cucu Nabi Muhammad SAW, Hababib diseluruh Dunia diakui ilmunya yang rata-rata bermahzab Ahli Sunnah Wal Ja-maah dan lebih banyak bermahzab kepada Imam Syafi'I, yang rata-rata beliau berasal dari negeri Yaman. Ilmu-ilmu beliau banyak dan cepat diterima oleh masyarakat dunia, khususnya di negeri Indonesia. Di Hadramaut (Yaman Selatan) terkenal dengan Al Habib Abdullah Bin Alwi Alhaddad. yang mana kitab karangan beliau ini banyak ulama dari seluruh penjuru dunia khususnya Indonesia. kitab karangan beliau adalah Nasahdiniyah yang artinya nasihat-nasihat agama. Begitu banyak ilmu-ilmu Rasulullah SAW yang dikarang oleh para Habaib yang berdasarkan kepada Al-Qur'an dan Hadist-Hadist. Ketahuilah mencintai mereka para Habaib adalah wajib dan haram hukumnya membenci mereka sebagimana sabda Nabi Muhammad SAW : 



"Barangsiapa yang mencintai keluargaku maka wajib bersamaku di alam syurga dan barang siapa yang membenci keluargaku maka haram baginya mensdapatkan Syafa'atku nanti dihari kiamat"



Ingatlah mereka para Habib bagaikan bintang - bintang tanda aman ahli langit dan keluarga Nabi Muhammad SAW adalah tanda pengaman untuk umatnya, maka kita tidak aneh bila ada para Habaib pengikut mereka atau pencinta mereka makin bertambah diseluruh dunia karena mereka adalah karunia yang besar untuk umat Nabi Muhammad SW sebagai jalan menuju Ridha Allah SWT dan tiada jalan yang lebih baik kecuali jalannya para Habaib yang mengikuti kakek moyang Beliau dan salaf-salaf yang terpancar kebenarannya dimuka bumi ini. :)



Habaib yang berpengaruh di Indonesia :




  1. Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki - Makkah
  2. Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid (Tanggul, Jawa Timur)
  3. Habib Salim bin Jindan (Jakarta, Ulama & Pejuang Kemerdekaan)
  4. Habib Muhammad bin Husein Al- Idrus (Pewaris rahasia Imam Ali Zainal Abidin)
  5. Habib Abdul Qadir bin Ahmad Bilfaqih (Darul Hadist, Malang)
  6. Habib Idrus bin Salim Al-Jufri (sulawesi Tangah)
  7. Al Habib Ali bin Husein Al-Attas (Bungur)
  8. Al Habib Ja'far bin Syaikhan
  9. Al habib Husein bin Muhammad bin Thohir Al-Haddad (ombang)
  10. Al Habib Alwi bin Muhammad Al-Haddad
  11. Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi (Kwitang)
  12. Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdor
  13. Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi
  14. Habib Abdullah bin Muhsin l-Attas (Keranat Empang)
  15. Al-Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas












Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi




  Habib Idrus bin Salim Al-Jufri





Habib Abdul Qadir bin Ahmad Bilfaqih


























 Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki Al Hasani



Tidak ada komentar:

Posting Komentar