P
|
engertian
/Definisi Pemasaran - Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu
dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya
untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan
karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara
langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan
sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar. Kotler
(2001) mengemukakan definisi pemasaran berarti bekerja dengan pasar sasaran
untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan
dan keinginan manusia. Sehingga dapat dikatakan bahwa keberhasilan pemasaran
merupakan kunci kesuksesan dari suatu perusahaan.
Menurut
Stanton (2001), definisi pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari
kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan
baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Dari definisi tersebut di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran
merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang
diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh
keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan
pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin
mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. Perusahaan harus secara penuh
tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan
demikian, maka segala aktivitas perusahaan, harusnya diarahkan untuk dapat
memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.
BERDASARKAN LEKSIKAL
SINONIM : Kegiatan – Aktivitas, Pokok –
Utama, Upaya – Usaha, Konsumen – Pembeli, Definisi
– Arti, Sasaran – Tujuan, system – Rancangan, Proses – Mekanisme, laba –
Keuntungan/Profit.
– Arti, Sasaran – Tujuan, system – Rancangan, Proses – Mekanisme, laba –
Keuntungan/Profit.
ANTONIM : Salah – Benar, Hidup – Mati,
Konsumen – Produsen, Baik – Jahat, Pembeli –
Penjual, Laba – Rugi
Penjual, Laba – Rugi
HOMONIM : Laba – Laba-Laba, Dalam - Dalam
Ket : Laba = Keuntungan, Laba-laba = Nama Binatang
Dalam = Merujuk arti, Dalam = Luas
Ket : Laba = Keuntungan, Laba-laba = Nama Binatang
Dalam = Merujuk arti, Dalam = Luas
HOMOGRAF : Pada – Ada,
Ket : Kata Sambung Untuk Tempat
Ket : Kata Sambung Untuk Tempat
HIPERNIM : Barang – Mobil, Jasa – Ketik, Pasar
– sayur mayur, Harga – Satu Juta Rupiah.
HIPONIM : Satu – Angka, Pasar – Tempat,
Baik – Sifat, Penuh – Takaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar