Dewasa ini
banyak sekali tawaran berbagai macam produk kepada masyarakat. Kita sebagai
konsumen dibuat bingung dan tertarik dengan berbagai macam jenis produk
tersebut. Dalam hal ini, perusahaan/produsen berlomba memperkenalkan produk
mereka di berbagai media untuk berpromosi.
Untuk
memperkenalkan produk tersebut, gaya bahasa menjadi andalan utama yang harus
diperhatikan produsen karena memiliki efek yang sangat kuat untuk mempengaruhi
dan membangun kesadaran para konsumen untuk membuat keputusan membeli produk
tersebut.
Gaya Bahasa pada Iklan “Kecap Bango”
Kecap Bango
menggunakan slogan “Benar-Benar Kecap”.
Slogan ini jelas menekankan bahwa produk mereka memiliki kualitas terbaik.
Seolah menekankan kepada masyarakat bahwa produk mereka adalah produk yang asli
dan terjamin mutu serta cita rasanya. Jadi, slogan ini bermakna bahwa hanya
kecap bango-lah yang merupakan kecap terbaik dan terbukti keasliannya. Penggunaan
slogan ini tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumenn karena
mempercayai slogan dari produk tersebut.
Bila ditinjau
dari segi makna, maka, kita dapatkan bahwa Kecap Bango adalah kecap terbaik
yang terjamin keasliannya untuk memberikan cita rasa manis pada masakan. Hal
ini didukung pula dari komposisi Kecap Bango dengan pernyataan pada iklan
produk tersebut “Ini Malika, biji kecap
terbaik yang dibesarkan dan dihasilkan dari kebun sendiri”. Dengan dukungan
pernyataan tersebut maka kecap bango memang benar-benar kecap yang diracik
dengan komposisi bahan baku berkualitas dan diproses secara alami.
(Puti Rahmadhani Ambun Suri/15211618/3EA07/Tugas III)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar